Laporan Hasil Analisis
Tentang Pengaruh Smartphone Terhadap Minat
Belajar
Oleh :
Atika Chan (111402021)
BAB I
PENDAHULUAN
Akhir – akhir ini telepon
pintar (smartphone) atau alat komunikasi perkembangannya semakin pesat termasuk
di kalangan pelajar. Tak sedikit siswa/I atau para mahasiswa yang
mempunyai smartphone , akhirnya berdampak pada minat belajarnya. Kegiatan
belajar sering terganggu karena handphone itu karena para pelajar menggunakan
smartphone pada saat belajar atau pada saat KBM.
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Kehadiran telepon pintar atau Smartphone telah
merubah kehidupan manusia. Jarak selama ini dituding menjadi biang keladi
kesulitan itu, tidak kuasa lagi menghalangi. Sebagian besar remaja zaman
sekarang merasa dirinya sangat tergantung pada Smartphone. Menurutnya,
kehadiran ponsel sangat membantu kemudahan hidup, komunikasi. Tujuan kemudahan
hidup itu pula yang memaksa dirinya memutuskan menggunakan ponsel beberapa
tahun silam. Alasannya biar bisa berkomunikasi dengan mudah.
Tak bisa dipungkiri lagi, bagi mereka para
pelajar di seluruh penjuru di dunia modern menuntut segala sesuatunya serba
cepat dan mudah. Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini,
Smartphone bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun
sudah banyak yang bermain dengan Smartpone. Anak-anak ini sebagai pelajar di
sekolah atau kampusnya, memiliki kewajiban untuk belajar. Namun smartphone yang
mendunia itu ternyata menimbulkan masalah dan efek yang bermacam-macam. Oleh
karena itu saya tertarik untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan smartphone
terhadap minat belajar ini.
B. PEMBATASAN MASALAH
Mengingat jumlah responden cukup banyak, saya
tidak mungkin mengkajinya satu persatu, agar efektif dan efesien maka penulis
membatasi masalah dengan mengambil sampel beberapa orang pelajar dan pengguna
teknologi agar lebih mudah untuk mengkajinya.
B. PELAKSANAN
Proses survey ini dilakukan mulai dari tanggal 27-29 Maret
2013.
C. ALASAN MEMILIH JUDUL
Alasan pemilihan judul ini yaitu karena memiliki daya tarik
tersendiri untuk menjadi bahan penelitian, diantaranya :
1. Hampir setiap orang memiliki
handphone dan tidak sedikit yang memilih menggunakan smartphone.
2. Karena adanya objek yang mendukung untuk penelitian.
3. Karena adanya media yang memadai.
BAB II
KERANGKA TEORI
A. PENGERTIAN
HANDPHONE DAN SMARTPHONE
Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless): (Wikipedia.org).
Smartphone atau telepon cerdas adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.
B. PENGERTIAN MINAT
BELAJAR
Slameto (1991: 57) Pengertian minat secara istilah telah banyak dikemukakan oleh para ahli, di antaranya yang dikemukakan oleh Hilgard menyatakan” Interest is persisting tendency topay attention to end enjoy some activity and content”, yang memiliki arti, minat adalah kecenderungan yang gigih untuk memperhatikan, mengakhiri, menikmati, beberapa inti kegiatan tersebut.
Sardiman A. M. (1988: 76) berpendapat bahwa minat adalah sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri. Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah suatu keinginan seseorang yang kuat untuk melakukan perubahan tingkah laku guna memperoleh ilmu pengetahuan.
C. Dampak Positif
dan Negatif Smartphone
Kemajuan teknologi ponsel yang sangat pesat menimbulkan dampak
positif dan negative bagi para penggunanya, khususnya para remaja.
Pengaruh positif bagi
pengguna Smartphone
1. Smartphone memiliki mobilitas yang tinggi.
Pemilik smartphone dapat berkirim E-mail tanpaharus mengunjungi warnet
terdekat..
2. Pemilik smartphone dapat mengetahui berita-berita
serta informasi penting yang terdapat dibelahan dunia manapun.
3. Dengan adanya smartphone, pemakai tidak perlu
repot-repot untuk melihat peta, karenasmartphone dapat digunakan sebagai alat
navigator.
4. Dapat berkomunikasi secara mendunia atau lebih
luas
Pengaruh Negatif bagi
pengguna Smartphone
1. Smartphone dapat menyebabkan sang pemakai menjadi
ANTI SOSIAL, karena pemakai sudahbisa chatting tanpa harus menemui orang secara
langsung.
2. Tidak jarang smartphone menjadi penyebab
kecelakaan lalu lintas.
3. Smartphone dapat menimbulkan sindrom (gila),
karena sering tertawa tanpa ada sebab yang jelas.
4. Dapat memecah konsentrasi saat belajar atau
melakukan aktifitas.
5. Semakin sering kita menggunakan smartphone, maka
semakin sering kita menghambur-hamburkan uang. Baik uang kita sendiri maupun
uang orang tua kita.
6. Smartphone dapat membuang waktu sang pengguna
dengan fitur Messenger.
7. Pelajar bisa lupa waktu karena terlalu sering
memainkan smartphone.
BAB III
METODOLOGI ANALISIS
METODOLOGI ANALISIS
A. PEMILIHAN METODE
Metode yang saya pilih yaitu metode pengisian
angket/kuesioner yang bersifat online di mana responden memilih atau mengisi
jawaban berdasarkan pertanyaan yang diajukan. Responden juga dapat mencatumkan
identitasnya berupa nama/nama alias di dalam form yang telah disediakan.
BAB IV
HASIL ANALISIS
Ada pun hasil analisis berdasarkan pertanyaan dan akumulasi dari jawaban
responden dapat dilihat dalam table berikut ini:
No.
|
Pertanyaan
|
Persentasi dan
Tanggapan
|
||
Ya
|
Tidak
|
Penjelasan
|
||
1.
|
Apakah anda memiliki telepon cerdas (Smartphone)?
|
88%
|
12%
|
-
|
2.
|
Menurut anda, apakah Handphone merupakan
kebutuhan yang harus terpenuhi ?
|
88%
|
12%
|
-
|
3.
|
Apa aktifitas yang paling sering anda gunakan
ketika menggunakan smartphone?
|
-
|
-
|
a.
Social Chat 26%
b.
Facebook 21%
c.
Twitter 24%
d.
Situs Berita 16%
e. Lain-lain 13%
|
4.
|
Apakah anda sering menggunakan handphone
pada saat jam pelajaran di sekolah/kampus?
|
53%
|
47%
|
-
|
5.
|
Apakah pengaruh negatif yang anda rasakan
selama menggunakan smartphone?
|
-
|
-
|
Pada pertanyaan
ini, sebanyak 45% responden menjawab tidak ada, sebanyak 40% menjawab tugas
dan kegiatan lain terbengkalai, dan sebanyak 5% menjawab semakin minimnya
ekonomi.
|
6.
|
Apakah pada saat belajar di rumah handphone
anda di Nonaktifkan?
|
0%
|
100%
|
-
|
7.
|
Apakah penggunaaN smartphone membuat anda
merasa malas belajar?
|
27%
|
73%
|
-
|
8.
|
Apakah anda pernah memanfaat fasilitas
aplikasi smartphone anda dalam mengerjakan tugas sekolah/kuliah? Jika pernah
berikan contohnya!
|
-
|
-
|
Pada pertanyaan
ini sebanyak 97% responden menjawab pernah. Diantaranya:
-
untuk membantu mencari tugas,
-
untuk menggunakan calculatorya,
-
untuk melihat jawaban ujian dari slide
-
digunakan disaat quiz, untuk mencari jawaban
-
untuk memfoto
catatan.
- dll.
|
9.
|
Seberapa pentingkah penggunaan smartphone
bagi anda? Berikan alasan secara singkat!
|
-
|
-
|
Pada pertanyaan
ini sebanyak 99% responden menjawab sangat penting dengan alasan-alasan
seperti :
-
untuk mendapatkan informasi
berbagai bidang dengan cepat.
-
Memberikan informasi yg tidak
kita dapat dari handpone biasa dan juga memberikan kemudahan untuk mencari
informasi yg dibutuhkan.
-
Untuk mempermudah aktivitas
-
Menunjang prestasi dan semangat
belajar siswa
-
untuk menunjang aspek kehidupan
yg sekarang serba instan
-
penting buat komunikasi
-
Bisa digunakan sebagai media
belajar
|
10.
|
Tuliskan nama lengkap / nama alias anda!
|
-
|
-
|
-
|
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Jadi kesimpulannya adalah masih banyak orang yeng
menyalah gunakan Smartphone. Smartphone banyak berpengaruh terhadap setiap
orang khususnya para pelajar pada saat pembelajaran. Handphone memiliki dampak
negative maupun positif tergantung bagai mana cara kita menggunakannya.
B. TESTIMONI
Metode
survey via online adalah sesuatu yang pertama kali saya lakukan, sehingga masih
banyak kekurangan dalam penyempurnaan hasil analisis. Namun metode ini cukup
akurat dijadikan salah satu metodologi penelitian dalam suatu kasus. Contohnya dalam
kasus untuk mengetahui seberapa besar pengaruh smartphone terhadap minat
belajar seseorang.
Dalam
kasus pengaruh teknologi komunikasi seperti smartphone ini sering kita jumpai
dimana-mana. Berbagai dampak juga kita temui dalam kasus ini. Namun dampak
tersebut bagai mana cara seseorang menafsirkannya. Untuk dapat mengatasi
masalah ini, kita sebagai generasi selanjutnya harus menetralisir penggunaan
teknologi agar tetap stabil baik itu dari segi manfaat maupun dampak yang
ditimbulkan.
1 comments:
terimakasih,, sangat bermanfaat,,
Post a Comment