Hasil Analisis

| |


Laporan Hasil Analisis
Tentang Pengaruh Smartphone Terhadap Minat Belajar

Oleh : Atika Chan (111402021)


BAB I

PENDAHULUAN
Akhir – akhir ini telepon pintar (smartphone) atau alat komunikasi perkembangannya semakin pesat termasuk di kalangan pelajar. Tak sedikit siswa/I  atau para mahasiswa yang mempunyai smartphone , akhirnya berdampak pada minat belajarnya. Kegiatan belajar sering terganggu karena handphone itu karena para pelajar menggunakan smartphone pada saat belajar atau pada saat KBM.


A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Kehadiran telepon pintar atau Smartphone telah merubah kehidupan manusia. Jarak selama ini dituding menjadi biang keladi kesulitan itu, tidak kuasa lagi menghalangi. Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa dirinya sangat tergantung pada Smartphone. Menurutnya, kehadiran ponsel sangat membantu kemudahan hidup, komunikasi. Tujuan kemudahan hidup itu pula yang memaksa dirinya memutuskan menggunakan ponsel beberapa tahun silam. Alasannya biar bisa berkomunikasi dengan mudah.
Tak bisa dipungkiri lagi, bagi mereka para pelajar di seluruh penjuru di dunia modern menuntut segala sesuatunya serba cepat dan mudah.  Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, Smartphone bukanlah barang asing bagi siapapun. Bahkan, anak-anak kecil pun sudah banyak yang bermain dengan Smartpone. Anak-anak ini sebagai pelajar di sekolah atau kampusnya, memiliki kewajiban untuk belajar.  Namun smartphone yang mendunia itu ternyata menimbulkan masalah dan efek yang bermacam-macam. Oleh karena itu saya tertarik untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan smartphone terhadap minat belajar ini.
B.     PEMBATASAN MASALAH
Mengingat jumlah responden cukup banyak, saya tidak mungkin mengkajinya satu persatu, agar efektif dan efesien maka penulis membatasi masalah dengan mengambil sampel beberapa orang pelajar dan pengguna teknologi agar lebih mudah untuk mengkajinya.


B.     PELAKSANAN
          Proses survey ini dilakukan mulai dari tanggal 27-29 Maret 2013.

C.     ALASAN MEMILIH JUDUL
Alasan pemilihan judul ini yaitu karena memiliki daya tarik tersendiri untuk menjadi bahan penelitian, diantaranya :
1. Hampir setiap orang memiliki handphone dan tidak sedikit yang memilih menggunakan smartphone.
2. Karena adanya objek yang mendukung untuk penelitian.
3. Karena adanya media yang memadai.

BAB II

KERANGKA TEORI
A.     PENGERTIAN HANDPHONE DAN SMARTPHONE

Handphone atau biasa disebut Telepon Genggam atau yang sering dikenal dengan nama Ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless): (Wikipedia.org).

Smartphone atau telepon cerdas adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.

B.     PENGERTIAN MINAT BELAJAR

Slameto (1991: 57) Pengertian minat secara istilah telah banyak dikemukakan oleh para ahli, di antaranya yang dikemukakan oleh Hilgard menyatakan” Interest is persisting tendency topay attention to end enjoy some activity and content”, yang memiliki arti, minat adalah kecenderungan yang gigih untuk memperhatikan, mengakhiri, menikmati, beberapa inti kegiatan tersebut.

Sardiman A. M. (1988: 76) berpendapat bahwa minat adalah sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhannya sendiri. Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa minat belajar adalah suatu keinginan seseorang yang kuat untuk melakukan perubahan tingkah laku guna memperoleh ilmu pengetahuan.

C.     Dampak Positif dan Negatif Smartphone

Kemajuan teknologi ponsel yang sangat pesat menimbulkan dampak positif dan negative bagi para penggunanya, khususnya para remaja.
Pengaruh positif bagi pengguna Smartphone
1.   Smartphone memiliki mobilitas yang tinggi. Pemilik smartphone dapat berkirim E-mail tanpaharus mengunjungi warnet terdekat..
2.  Pemilik smartphone dapat mengetahui berita-berita serta informasi penting yang terdapat dibelahan dunia manapun.
3.  Dengan adanya smartphone, pemakai tidak perlu repot-repot untuk melihat peta, karenasmartphone dapat digunakan sebagai alat navigator.
4.  Dapat berkomunikasi secara mendunia atau lebih luas

Pengaruh Negatif bagi pengguna Smartphone
1.   Smartphone dapat menyebabkan sang pemakai menjadi ANTI SOSIAL, karena pemakai sudahbisa chatting tanpa harus menemui orang secara langsung.
2.  Tidak jarang smartphone menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.
3.  Smartphone dapat menimbulkan sindrom (gila), karena sering tertawa tanpa ada sebab yang jelas.
4.  Dapat memecah konsentrasi saat belajar atau melakukan aktifitas.
5.  Semakin sering kita menggunakan smartphone, maka semakin sering kita menghambur-hamburkan uang. Baik uang kita sendiri maupun uang orang tua kita.
6.  Smartphone dapat membuang waktu sang pengguna dengan fitur Messenger.
7.  Pelajar bisa lupa waktu karena terlalu sering memainkan smartphone.

BAB III
METODOLOGI ANALISIS

A.    PEMILIHAN METODE

Metode yang saya pilih yaitu metode pengisian angket/kuesioner yang bersifat online di mana responden memilih atau mengisi jawaban berdasarkan pertanyaan yang diajukan. Responden juga dapat mencatumkan identitasnya berupa nama/nama alias di dalam form yang telah disediakan.


BAB IV

HASIL ANALISIS


Ada pun hasil analisis berdasarkan pertanyaan dan akumulasi dari jawaban responden dapat dilihat dalam table berikut ini:


No.
Pertanyaan
Persentasi dan Tanggapan
Ya
Tidak
Penjelasan
1.
Apakah anda memiliki telepon  cerdas (Smartphone)?
88%
12%
-
2.
Menurut anda, apakah Handphone merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi ?
88%
12%
-
3.
Apa aktifitas yang paling sering anda gunakan ketika menggunakan smartphone?
-
-
    a.   Social Chat 26%
    b.   Facebook 21%
    c.   Twitter 24%
    d.   Situs Berita 16%
    e.  Lain-lain 13%
4.
Apakah anda sering menggunakan handphone pada saat jam pelajaran di sekolah/kampus?
53%
47%
-
5.
Apakah pengaruh negatif yang anda rasakan selama menggunakan smartphone?
-
-
Pada pertanyaan ini, sebanyak 45% responden menjawab tidak ada, sebanyak 40% menjawab tugas dan kegiatan lain terbengkalai, dan sebanyak 5% menjawab semakin minimnya ekonomi.
6.
Apakah pada saat belajar di rumah handphone anda di Nonaktifkan?
0%
100%
-
7.
Apakah penggunaaN smartphone membuat anda merasa malas belajar?
27%
73%
-
8.
Apakah anda pernah memanfaat fasilitas aplikasi smartphone anda dalam mengerjakan tugas sekolah/kuliah? Jika pernah berikan contohnya!
-
-
Pada pertanyaan ini sebanyak 97% responden menjawab pernah. Diantaranya:
-         untuk membantu mencari tugas,
-         untuk menggunakan calculatorya,
-         untuk melihat jawaban ujian dari slide
-         digunakan disaat quiz, untuk mencari jawaban
-         untuk memfoto catatan.
-         dll.
9.
Seberapa pentingkah penggunaan smartphone bagi anda? Berikan alasan secara singkat!
-
-
Pada pertanyaan ini sebanyak 99% responden menjawab sangat penting dengan alasan-alasan seperti :
-        untuk mendapatkan informasi berbagai bidang dengan cepat.

-        Memberikan informasi yg tidak kita dapat dari handpone biasa dan juga memberikan kemudahan untuk mencari informasi yg dibutuhkan.

-        Untuk mempermudah aktivitas

-        Menunjang prestasi dan semangat belajar siswa

-        untuk menunjang aspek kehidupan yg sekarang serba instan
-        penting buat komunikasi
-        Bisa digunakan sebagai media belajar
10.
Tuliskan nama lengkap / nama alias anda!
-
-
-
    

BAB IV

PENUTUP
A.     KESIMPULAN

Jadi kesimpulannya adalah masih banyak orang yeng menyalah gunakan Smartphone. Smartphone banyak berpengaruh terhadap setiap orang khususnya para pelajar pada saat pembelajaran. Handphone memiliki dampak negative maupun positif tergantung bagai mana cara kita menggunakannya.


B.     TESTIMONI

       Metode survey via online adalah sesuatu yang pertama kali saya lakukan, sehingga masih banyak kekurangan dalam penyempurnaan hasil analisis. Namun metode ini cukup akurat dijadikan salah satu metodologi penelitian dalam suatu kasus. Contohnya dalam kasus untuk mengetahui seberapa besar pengaruh smartphone terhadap minat belajar seseorang.
       Dalam kasus pengaruh teknologi komunikasi seperti smartphone ini sering kita jumpai dimana-mana. Berbagai dampak juga kita temui dalam kasus ini. Namun dampak tersebut bagai mana cara seseorang menafsirkannya. Untuk dapat mengatasi masalah ini, kita sebagai generasi selanjutnya harus menetralisir penggunaan teknologi agar tetap stabil baik itu dari segi manfaat maupun dampak yang ditimbulkan.

1 comments:

Marchamah Churin said...

terimakasih,, sangat bermanfaat,,

Post a Comment